Tips Merawat Boneka Kesayangan si Kecil

Rajinlah "memandikan" boneka kesayangan anak. Hindarkan anak dari bahaya debu dan kuman penyakit.

Kamar anak tanpa boneka, mungkinterasa hambar, terlebih pada kamar anak perempuan. Anak biasanya memiliki satu atau lebih boneka kesayangan. Tak jarang kemanapun ia pergi, si boneka kesayangan ini selalu dibawa. Akibatnya, berbagai kotoran, debu, bahkan noda tetesan makanan bisa menempel di tubuh boneka.

Berbagai kotoran tersebut, jika dibiarkan dalam waktu lama, tentu akan membahayakan kesehatan anak. Untuk menghindarinya, luangkanlah waktu untuk membersihkan dan merawat boneka-boneka itu.

Cara praktis membersihkannya adalah dengan mencucinya dengan mesin cuci. Namun, tidak semua boneka bisa dan perlu dicuci dengan mesin cuci. Jika tidak berhati-hati, bisa-bisa Anda justru merusak boneka itu. Agar Anda bisa mencuci tanpa khawatir akan merusaknya, berikut tipsnya.

Menghilangkan debu

Untuk menghilangkan debu pada tubuh boneka, Anda tak perlu mencucinya. Cukup seka bulu-bulu boneka dengan lap yang sudah dibasahi dengan air hangat. Setelah bersih, sisir rapi bulu-bulu tersebut dengan sisir yang sudah tak terpakai.
Cara yang lebih praktis adalah menggunakan vacuum cleaner. Selain praktis, penggunaan vacuum cleaner ini juga relatif lebih hemat waktu. Anda bisa melakukan perawatan ini lebih sering. Paling tidak satu minggu sekali. Hati-hati ketika menyedot badan boneka yang berbulu. Kurangi daya hisap agar bulu pada boneka tak pada rontok.

Menghilangkan noda

Bagaimana jika boneka terkena noda? Coba perhatikan label yang ada pada boneka. Jika pada label tertulis bahwa boneka bisa dicuci dengan mesin cuci, maka Anda tinggal memasukkannya ke dalam mesin cuci.

Jika ternyata boneka tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci, Anda bisa menggunakan soda kue. Caranya, masukkan boneka ke dalam tas kertas (paper bag), kemudian taburi dengan soda kue secukupnya. Guncang-guncangkan tas kertas hingga soda kue menempel rata pada tubuh boneka. Diamkan selama kurang lebih satu jam. Kemudian bersihkan dengan handuk atau lap kering yang lembut.


Penulis: Anissa ideaonline.com